Hukum Bedoa Meminta Kenikmatan Dunia Dalam Shalat
Oleh: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin رحمه الله
Pertanyaan:
Surat ini datang dari seorang pengirim (Abdullah) yang berasal dari Thaif. Ia berkata dalam suratnya pendapat para ahli fiqh tentang tidak bolehnya berdoa meminta kenikmatan dunia dalam shalat semisal ia berkata: "Ya Allah karuniakan lah rezeki kepadaku berupa budak wanita yang cantik atau hewan tunggangan yang bagus jalannya", karena permintaannya itu akan membatalkan shalat. Benarkah pendapat ini dan adakah perbedaan hukum antara shalat wajib dan shalat sunnah dalam masalah ini?
Jawaban:
Pendapat tentang tidak bolehnya seseorang berdoa dalam shalatnya meminta kenikmatan dunia merupakan pendapat yang tidak benar sehingga boleh bagi seseorang berdoa dalam shalatnya dan di luar shalat sesuai apa yang ia kehendaki sebagaimana dalam hadits : "Hendaknya salah seorang dari kalian meminta kepada Rabbnya meskipun meminta tali sandalnya". Dan dalam hadits Ibnu Mas'ud رضي الله عنه yang tsabit (terkumpul syarat keshahihannya) dalam ash-Shahihain (Bukhari-Muslim) ketika menyebutkan tasyahhud,
Beliau صلي الله عليه و سلم berdabda: " Kemudian hendaklah seseorang memilih doa yang ia kehendaki. Maka sabda beliau 'Maa syaa' merupakan lafadz yang umum karena kata 'Maa' itu adalah isim maushul (kata sambung) yang berfaidah umum, sehingga mengandungi atau menunjukkan bolehnya berdoa sesuai apa yang dikehendaki berupa perkara agama dan dunia serta akhirat.
Maka boleh seseorang itu meminta dalam shalat wajib dan sunnah sesuatu yang berkaitan dengan perkara dunia semisal ia berkata: Ya Allah karuniakanlah rezeki istri yang cantik atau mobil yang bagus" dan lainnya. Karena keumuman hadits tersebut menunjukkan atas hal ini dan Nabi صلي الله عليه و سلم telah bersabda: "Adapun sujud maka perbanyaklah doa di dalamnya". Sehingga tidak dikhususkan dengan doa tertentu. Maka pendapat yang benar dalam masalah ini adalah bolehnya seseorang berdoa sesuai apa yang ia kehendaki berupa kebaikan dunia dan akhirat dalam shalatnya
Fatawa Nurun 'alad Darb
〰TEKS ARAB〰
السؤال:
هذه الرسالة وردت من المرسل عبد الله من الطائف يقول فيها يقول الفقهاء لا يجوز السؤال لملاذ الدنيا في الصلاة اللهم ارزقني جارية حسناء أو دابة هملاجة وتبطل الصلاة بذلك، فهل هذا صحيح وهل هناك فرق بين الفريضة والنفل في هذا؟
الجواب:
الشيخ: كون الإنسان لا يجوز أن يدعو في صلاته بملاذ الدنيا ليس بصحيح فللإنسان أن يدعو في صلاته وخارج صلاته بما شاء، وفي الحديث ليسأل أحدكم ربه حتى شراك نعله، وفي حديث ابن مسعود الثابت في الصحيحين لما ذكر التشهد قال ثم ليتخير من المسألة ما شاء، وقوله ما شاء، لفظ عام، لأن ما اسم موصول، والاسم الموصول يفيد العموم فيتضمن أو يقتضي جواز الدعاء بما شاء من أمور الدين وأمور الدنيا والآخرة، فيجوز للإنسان أن يسأل في صلاته الفريضة والنافلة ما يتعلق بأمور الدنيا مثل أن يقول اللهم ارزقني زوجة حسناء أو سيارة طيبة أو ما أشبه ذلك، لأن عموم الأحاديث تدل على هذا، وقد قال النبي عليه الصلاة والسلام أما السجود فأكثروا فيه من الدعاء، ولم يخص دعاء دون دعاء، فالصواب في هذه المسألة جواز دعاء الإنسان بما شاء من خير الدنيا والآخرة في صلاته.
http://www.ibnothaimeen.com/all/noor/article_1961.shtml
Alih Bahasa: Abu Zufa
Pertanyaan:
Surat ini datang dari seorang pengirim (Abdullah) yang berasal dari Thaif. Ia berkata dalam suratnya pendapat para ahli fiqh tentang tidak bolehnya berdoa meminta kenikmatan dunia dalam shalat semisal ia berkata: "Ya Allah karuniakan lah rezeki kepadaku berupa budak wanita yang cantik atau hewan tunggangan yang bagus jalannya", karena permintaannya itu akan membatalkan shalat. Benarkah pendapat ini dan adakah perbedaan hukum antara shalat wajib dan shalat sunnah dalam masalah ini?
Jawaban:
Pendapat tentang tidak bolehnya seseorang berdoa dalam shalatnya meminta kenikmatan dunia merupakan pendapat yang tidak benar sehingga boleh bagi seseorang berdoa dalam shalatnya dan di luar shalat sesuai apa yang ia kehendaki sebagaimana dalam hadits : "Hendaknya salah seorang dari kalian meminta kepada Rabbnya meskipun meminta tali sandalnya". Dan dalam hadits Ibnu Mas'ud رضي الله عنه yang tsabit (terkumpul syarat keshahihannya) dalam ash-Shahihain (Bukhari-Muslim) ketika menyebutkan tasyahhud,
Beliau صلي الله عليه و سلم berdabda: " Kemudian hendaklah seseorang memilih doa yang ia kehendaki. Maka sabda beliau 'Maa syaa' merupakan lafadz yang umum karena kata 'Maa' itu adalah isim maushul (kata sambung) yang berfaidah umum, sehingga mengandungi atau menunjukkan bolehnya berdoa sesuai apa yang dikehendaki berupa perkara agama dan dunia serta akhirat.
Maka boleh seseorang itu meminta dalam shalat wajib dan sunnah sesuatu yang berkaitan dengan perkara dunia semisal ia berkata: Ya Allah karuniakanlah rezeki istri yang cantik atau mobil yang bagus" dan lainnya. Karena keumuman hadits tersebut menunjukkan atas hal ini dan Nabi صلي الله عليه و سلم telah bersabda: "Adapun sujud maka perbanyaklah doa di dalamnya". Sehingga tidak dikhususkan dengan doa tertentu. Maka pendapat yang benar dalam masalah ini adalah bolehnya seseorang berdoa sesuai apa yang ia kehendaki berupa kebaikan dunia dan akhirat dalam shalatnya
Fatawa Nurun 'alad Darb
〰TEKS ARAB〰
السؤال:
هذه الرسالة وردت من المرسل عبد الله من الطائف يقول فيها يقول الفقهاء لا يجوز السؤال لملاذ الدنيا في الصلاة اللهم ارزقني جارية حسناء أو دابة هملاجة وتبطل الصلاة بذلك، فهل هذا صحيح وهل هناك فرق بين الفريضة والنفل في هذا؟
الجواب:
الشيخ: كون الإنسان لا يجوز أن يدعو في صلاته بملاذ الدنيا ليس بصحيح فللإنسان أن يدعو في صلاته وخارج صلاته بما شاء، وفي الحديث ليسأل أحدكم ربه حتى شراك نعله، وفي حديث ابن مسعود الثابت في الصحيحين لما ذكر التشهد قال ثم ليتخير من المسألة ما شاء، وقوله ما شاء، لفظ عام، لأن ما اسم موصول، والاسم الموصول يفيد العموم فيتضمن أو يقتضي جواز الدعاء بما شاء من أمور الدين وأمور الدنيا والآخرة، فيجوز للإنسان أن يسأل في صلاته الفريضة والنافلة ما يتعلق بأمور الدنيا مثل أن يقول اللهم ارزقني زوجة حسناء أو سيارة طيبة أو ما أشبه ذلك، لأن عموم الأحاديث تدل على هذا، وقد قال النبي عليه الصلاة والسلام أما السجود فأكثروا فيه من الدعاء، ولم يخص دعاء دون دعاء، فالصواب في هذه المسألة جواز دعاء الإنسان بما شاء من خير الدنيا والآخرة في صلاته.
http://www.ibnothaimeen.com/all/noor/article_1961.shtml
Alih Bahasa: Abu Zufa
0 komentar
Posting Komentar