FATWA ULAMA
Hal-Hal Yang Disyariatkan dan Dilarang Dalam Merubah Niat
Oleh: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin رحمه الله
Pertanyaan:
Apa hukum merubah niat dalam shalat?
Jawaban:
Merubah niat dalam shalat adakalanya terjadi:
➡dari suatu yang khusus kepada hal lain yang khusus atau
➡dari yang mutlak (umum) kepada yang khusus .Maka kedua hal ini tidak sah shalatnya.
➡dan jika dari yang khusus kepada yang mutlak maka tidak mengapa
Contoh merubah niat shalat dari suatu yang khusus kepada hal lain yang khusus:
▪jika seorang ingin berpindah niat dari sunnah Dhuha kepada shalat rawatib fajar (sebelum subuh) yang ingin diqadhanya, lalu ia pun bertakbir dengan niat hendak shalat dua rakaat dhuha, kemudian ia ingat ternyata belum shalat rawatib fajar, lalu ia pun merubah niatnya kepada shalat rawatib fajar, maka shalatnya disini tidak sah. Karena shalat rawatib fajarnya itu adalah dua rakaat yang ia niatkan keduanya (shalat dhuha dan shalat rawatib fajar) di awal shalat.
▪demikian juga seseorang yang sudah masuk waktu Ashar, namun di tengah shalat ia ingat ternyata belum shalat zhuhur, lalu ia pun meniatkannya untuk shalat zhuhur maka shalatnya ini juga tidak sah. Karena suatu yang khusus harus ada niatnya sejak awal perkara.
Adapun merubah niat shalat dari yang mutlak kepada yang khusus seperti:
▪seseorang shalat dengan shalat sunnah mutlak kemudian ia ingat ternyata ia belum shalat shubuh atau shalat sunnah Shubuh, lalu ia pun merubah niat shalat sunnah mutlaknya ini kepada shalat Shubuh atau shalat sunnah Shubuh, maka shalatnya ini juga tidak sah.
Adapun perpindahan dari suatu yang khusus kepada yang mutlak seperti:
▪ia memulai shalatnya dengan niat shalat rawatib fajar kemudian ia lupa namun di tengah shalat telah jelas ternyata ia telah melakukan shalat rawatib fajar. Maka disini ia merubah dari niat yang pertama kepada niat shalat sunnah mutlak saja.
▪atau seperti seseorang yang mulai shalat wajib sendirian kemudian hadir shalat jamaah lalu ia ingin merubah niat shalat wajib kepada shalat sunnah untuk mencukupkan shalatnya menjadi shalat sunnah dua rakaat maka ini hal yang boleh. Karena ia merubah dari suatu yang khusus kepada yang mutlak.
Sehingga kaidahnya:
-dari suatu yang khusus kepada hal lain yang khusus hukumnya tidak sah
-dari yang mutlak kepada yang khusus hukumnya tidak sah
-dari yang khusus kepada yang mutlak.hukumnya sah
-Liqa' al-Bab al-Maftuh
〰TEKS ARAB〰
الأحوال المشروعة والممنوعة في تغيير النية
السؤال
ما حكم تغيير النية في الصلاة؟
ما حكم تغيير النية في الصلاة؟
الجواب
تغيير النية في الصلاة إما أن يكون: - من معيَّن إلى معيَّن.
- أو من مطلق إلى معيَّن.
فهذان لا يصحان.
وإذا كان من معيَّن إلى مطلق، فلا بأس.
مثال المعيَّن منه إلى معيَّن: إذا أراد أن ينتقل من سنة الضحى إلى راتبة الفجر التي يريد أن يقضيها، فكبر بنية أنه يريد أن يصلي ركعتي الضحى، ثم ذكر أنه لم يصلِّ راتبة الفجر، فحوَّلها إلى راتبة الفجر، فهنا لا يصح؛ لأن راتبة الفجر ركعتان ينويهما من أول الصلاة.
كذلك أيضاً: رجل دخل في صلاة العصر، وفي أثناء الصلاة ذكر أنه لم يصل الظهر فنواها للظهر، هذا أيضاً لا يصح؛ لأن المعيَّن لا بد أن تكون نيته من أول الأمر.
وأما المطلق إلى معين فمثل: أن يكون شخص يصلي صلاة مطلقة -نوافل- ثم ذكر أنه لم يصلِّ الفجر أو لم يصلِّ سنة الفجر، فحوَّل هذه النية إلى صلاة الفجر أو إلى سنة الفجر، فهذا أيضاً لا يصح.
أما الانتقال من معيَّن إلى مطلق، فمثل: أن يبدأ الصلاة على أنها راتبة الفجر، ثم نسي، وفي أثناء الصلاة تبين أنه قد صلاها، فهنا يتحول من النية الأولى إلى نية الصلاة فقط.
أو مثلاً: إنسان شرع في صلاة فريضة لوحده، ثم حضرت جماعة، فأراد أن يحوِّل الفريضة إلى نافلة؛ ليقتصر فيها على ركعتين نافلة، فهذا جائز؛ لأنه حوَّل من معيَّن إلى مطلق.
فهذه هي القاعدة: من معيَّن إلى معيَّن لا يصح، ومن مطلق إلى معيَّن لا يصح، ومن معيَّن إلى مطلق يصح.
تغيير النية في الصلاة إما أن يكون: - من معيَّن إلى معيَّن.
- أو من مطلق إلى معيَّن.
فهذان لا يصحان.
وإذا كان من معيَّن إلى مطلق، فلا بأس.
مثال المعيَّن منه إلى معيَّن: إذا أراد أن ينتقل من سنة الضحى إلى راتبة الفجر التي يريد أن يقضيها، فكبر بنية أنه يريد أن يصلي ركعتي الضحى، ثم ذكر أنه لم يصلِّ راتبة الفجر، فحوَّلها إلى راتبة الفجر، فهنا لا يصح؛ لأن راتبة الفجر ركعتان ينويهما من أول الصلاة.
كذلك أيضاً: رجل دخل في صلاة العصر، وفي أثناء الصلاة ذكر أنه لم يصل الظهر فنواها للظهر، هذا أيضاً لا يصح؛ لأن المعيَّن لا بد أن تكون نيته من أول الأمر.
وأما المطلق إلى معين فمثل: أن يكون شخص يصلي صلاة مطلقة -نوافل- ثم ذكر أنه لم يصلِّ الفجر أو لم يصلِّ سنة الفجر، فحوَّل هذه النية إلى صلاة الفجر أو إلى سنة الفجر، فهذا أيضاً لا يصح.
أما الانتقال من معيَّن إلى مطلق، فمثل: أن يبدأ الصلاة على أنها راتبة الفجر، ثم نسي، وفي أثناء الصلاة تبين أنه قد صلاها، فهنا يتحول من النية الأولى إلى نية الصلاة فقط.
أو مثلاً: إنسان شرع في صلاة فريضة لوحده، ثم حضرت جماعة، فأراد أن يحوِّل الفريضة إلى نافلة؛ ليقتصر فيها على ركعتين نافلة، فهذا جائز؛ لأنه حوَّل من معيَّن إلى مطلق.
فهذه هي القاعدة: من معيَّن إلى معيَّن لا يصح، ومن مطلق إلى معيَّن لا يصح، ومن معيَّن إلى مطلق يصح.
http://shamela.ws/browse.php/book-7687/page-2#page-16
Alih Bahasa: Abu Zulfa
0 komentar
Posting Komentar